Membuat Dunia Fantasy Step-by-Step (Untuk novelis dan penulis lainnya!)

[EDIT : Sedikit tambahan tentang menggambar peta, Agama, dan Tradisi]
[EDIT 2 : Tambahan Link]

Hola Halo Olah!! Ketemu lagi dengan saya di tutorial menulis! Whew, emang rada jarang aku menulis hal seperti ini, apalagi kalau lagi detik-detik menjelang UN. Tapi... masa detik-detik menuju UN masih sempet nge-blog, sih?! malah, makin gencar nulis blog... idih...

Oke, jadi karena ada yang pernah bertanya bagaimana cara aku membuat dunia fantasi, aku akan menjawabnya dengan post ini!

Dunia Fantasi adalah karakter (ya, benar. Sengaja kutekankan disana biar kalian ngerti) yang lebih sering keluar daripada karakter utama kalian. Jadi, sangat penting bagi kalian untuk mengerti bagaimana dunia itu berkasi dan turun tangan dalam petualangan karaktermu. Benar sekali. Ikut turun tangan.
Kalian pikir dunia hanya sekedar aksesori fantasi? Enggak, lah, yaw. Mereka hidup, dan penting!
Kalian bebas menghilangkan maupun menambahkan langkah-langkah yang kutulis dibawah. Seenak imajinasimu saja. Okay, let’s begin

1.  Tentukan Nama Dunia Fantasi-mu
Let’s admit. Tak kenal maka ta... ta’aruf (read : bahasa arab untuk ‘berkenalan’).
Dan jika kalian ingin berkenalan, kalian harus punya nama untuk duniamu! Ada beberapa website yang menyediakan nama dunia fantasi GRATIS. Tapi, apa salahnya jika kamu membuatnya sendiri? Kalian akan berkenalan dengan duniamu, jadi let’s find his name, quickly!

Untuk yang mau cari di internet, tulis di Mbah Google ‘World Name Generator’. Lakukan seperti yang diperintahkan. Nanti keluar nama-nama yang bisa kamu pakai untuk membuat duniamu sendiri.
2.      
    2. Buat petanya (komik) atau tulis tempat-tempat major yang bakal keluar di ceritamu (Novel)
Ini cukup penting. Oh, ya. Sebagai penulis, aku juga membuat peta duniaku sendiri. Dan itu KEREN BANGET!!! Setidaknya, kalian HARUS tahu kalau seandainya pergi ke kota ini lewat jalan ini, mereka bakal ketemu masalah seperti ini.

Tapi, apa hubungannya sama menulis?!!

Banyak. banyak banget. Misalnya, kalian membuat dunia dengan tema perang. Seorang gadis ingin pergi ke kota yang lebih aman, tapi jalur teraman diblokir karena musuh menghadang! Terpaksa, dia harus memutar... melewati jalan yang lebih jauh dan melelahkan dan penuh dengan masalah...

Tapi kalau masih tidak bisa (atau malas) menggambar, cukup tuliskan tempat-tempat major yang keluar di ceritamu.

DRAWING TIPS!! Coba lihat peta dunia. Pantai, batas antara laut dan daratan, tidak rata. Saat menggambar pulau-pulau kecil ala medieval, lemaskan pegangan pensilmu dan goyangkan sedikit. Ada tips menggambar yang mudah, mungkin akan muncul di update berikutnya.

TUTORIAL MEMBUAT PETA STYLE ABAD PERTENGAHAN [LINK]
3.      
   3. Membuat HUKUM SIHIR (kalau kamu benar-benar fantasioner)
Membuat hukum yang berlaku! This is pretty cool. Aku akan bahas sedikit, tapi kalau mau lebih lengkap, kalian bisa baca tutorial membuat hukum sihir. Link untuk menjelaskan Semuanya-> [LINK]

Apa itu hukum sihir? Hukum sihir adalah hukum yang mengikat semua orang yang terlibat dalam ceritamu. Ya, termasuk dirimu sebagai penulisnya! Saat seorang penulis menuliskan hukum sihir dalam kisahnya, dia tidak boleh dengan bodoh mengabaikannya demi apapun.

Jika hukum sihir menuliskan sihir kegelapan itu jahat, maka penulis tidak boleh membuat orang-orang bergantung pada sihir gelap! Kecuali pada kondisi tertentu DAN kondisi tersebut memang karena tidak ada jalan lain...

Jika hukum sihir menyatakan sihir ini harus melakukan ritual ini, maka penulis tidak boleh melanggarnya hanya karena yang melakukannya adalah karakter utama!

Hukum sihir adalah bagian dari duniamu – jangan abaikan dirinya.

4. (Sumpah, kalau malas jangan lakukan) Membuat Pemerintahan
Pemerintahan! Jawab pertanyaan dibawah ini dengan wajah happy :
·         Siapa yang memimpin daerah tersebut? Ada berapa? 
       Jika pemerintahnya lebih dari dua, bagaimana mereka berkerja sama dalam membentuk kebijakan-kebijakan tersebut?

·         Apa ada kebijakan yang menyusahkan rakyat?
      Bagaimana dengan karakter utama? Apakah dia juga merasa sulit dalam menerapkan kebijakan tersebut?
·        
     Bagaimana sistem perdagangan disana? 
     Bagaimana cara mereka berjual beli?
·         
      Apa ada musuh dari kerajaan lain yang berusaha menghancurkan kota/kerajaan ini? Atau konflik luar lainnya?

·         Bagaimana dengan konflik bagian dalam? Apa ada orang-orang yang korupsi atau berkhianat?
       Apakah sang tokoh utama akan bertemu dengan konflik-konflik tersebut?

·         Apa sumber energi yang mereka gunakan?

·         Apa makanan pokok mereka? 
      Bagaimana cara mereka mendapatkannya?

·         Adakah perbedaan kasta yang menonjol di kota/kerajaan ini? Atau semua orang adalah satu tanpa perbedaan? Example : rakyat jelata harus mentaati rakyat biasa. Rakyat biasa tidak boleh membentak orang-orang ningrat. Orang ningrat mentaati orang suci. Dsb...

5.   Ras
Siapa yang tidak suka elf dan Orge? Bagaimana jika kalian membuatnya sendiri?? Tidak masalah! Bebaslah berkreasi di duniamu sendiri! Aku janji akan menulis tentang membuat ras, so wait for my update, will ya?

Last Note : Membuat ras tenyata memakan banyak waktu untuk membuat contoh saja! Maaf, aku tidak bisa menjanjikannya keluar dengan cepat...

6.   Buat tradisi
Ada tradisi? Wow! Sangat hidup! Bagaimana jika tradisinya adalah membunuh satu orang setiap tahunnya untuk persembahan? Tunggu... aku belum membahas agama... tidaaak!!!

Ada banyak contoh tradisi yang bisa kalian tulis di novel kalian. Apa ada hubungannya dengan legenda? Kekalahan perang? Atau, tradisi biasa? Kalian bisa membuat tradisi penatoan bagi remaja (sehingga memberi alasan kenapa banyak remaja ber-tato di kampung halaman si karakter) atau tradisi pembasmian naga! Anyway, banyak sekali tradisi yang tidak bisa kujelaskan, jadi berimajinasilah!

7.   Agama
WARNING!! : Jangan berusaha menyebarkan agama lewat novelmu. Ini hanya bagian dari cerita! Bagian yang bisa membuat duniamu lebih hidup jika dilakukan dengan benar. kalau salah... ya... salah. Oh, ya ampun! kenapa aku nulis bagian ini?!

Tapi, setelah aku baca lagi, agama ternyata punya cara sendiri untuk menentukan hukum-hukum baru. Seperti jangan menikah dengan orang yang beda agama atau... ahem. Anyway, aku menambahkan sedikit cara membuat agama. Isi daftar di bawah, dan voilla! Jadi sebuah agama.

Nama Agama :

Nama Dewa/Dewi yang disembah :

Musuh Abadi Dewa/Dewi :

Sebutan untuk Pemimpin Agama :

Pemeluk : (Apakah hanya rakyat jelata atau berlaku hanya untuk kaum kaya... atau semua orang?)

Lokasi Penyembahan : (Adakah lokasi tertentu? Atau dapat di mana saja?)

Cara Penyembahan (tandai salah satu) : Berdoa / Penyembahan / Bertapa / Pengorbanan [Manusia] / Persembahan [barang/buah/apapun] / Lainnya

Legenda Dewa/Dewi : [Untuk inspirasi terbaik, cobalah baca legenda dewa-dewi mythology dari yunani atau jepang. Bagus, loh...]

Kalau ada yang kelupaan, nanti bakal aku edit! Goodbye and happy Imaginary writing!

Komentar

  1. imajinasimu luas sekali ya. hebat :o, saya ga kepikiran ampe kesitu ahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah, sebatas standar manga dan beberapa buku aja ^^

      Hapus
  2. Aku juga tipe gampang membuat cerita, tapi selalu kesusahan saat menulis awal mula. Soalnya aku sendiri sering nggak yakin sama awal cerita walau temen bilang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar aja, ya. Saya paling susah nulis bagian tengah karena bagian tengah adalah perjuangan terberat. Kamu harus bikin pembaca 'stay' untuk terus membaca. Pemulaan, mungkin kamu terlalu khawatir tulisanmu enggak bikin pembaca penasaran? Tenang aja, biarkan kata-katanya mengalir. Jangan dianggap serius awal kisah doang! Tugasmu masih banyak!

      Hapus
    2. Makasih atas doronganny!! Aku lgi bikin novel nihh... tapi pengen yg agak aneh.. kira kira boleh gak ama penerbitnya??

      Hapus
    3. *angkat bahu* Itu mah harus tanya penerbitnya langsung, atau sambil belajar apa yang dijual sama penerbitnya.

      Ya... kan aku penulis bukan penerbit nak ;) Coba beranikan bertanya, tapi lebih baik kalau kamu punya kenalan yang kenal penerbit.

      Hapus
  3. thank you banget, jadi semangat nih......

    BalasHapus
  4. keren, ketawa sendiri bacanya xD Plus nambah semangat buat bikin cerita fantasi xD Tp kayaknya bikin fantasi emang lumayan ribet ya .____.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dat moment when you are serious and someone told you that 'you are funny m8 gr8 8/8.'

      *di pojokkan meratapi nasib.*

      Saya senang saya bisa membantu, walaupun sebenernya aku liat dan baca lagi ini saya bikin cara yang agak belibet ya :v Ampun, harusnya bisa dibuat lebih sederhana lagi....

      ...*terus inget saya jarang update*

      ...Remake Tutorial, anyone?

      Hapus
  5. Assalamu'alaikum... Hehehe...

    Kak aku bru2 ini tertarik bwt nulis fantasi, aku udh ada ide, tntang malaikat sma dewa2 gtu, tpi aju tkut nntinya mlh mnyalahi sejarah dll.

    Aku hrus gmn?

    Oh iya kak, biar dpt nma2 tokoh yg cocok bwt crita fantasi gmn ya kak? Dan mm... Apa boleh kita bwt agama2 bru gtu di dlm crita? Dan satu lgi kak, bedanya dewa sma malaikat itu apa kak? Suer aku msih awam bgt soal fantasi x( aku mlh baca mitologi yunani smpe mata kriting tpi ttp nggak ngerti.

    Makasih kak, wassalam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lain kali kalau nanya yang gak ada hubungannya sama artikel di atas, taro aja di Q 'n A, ya! Tempat ini mau dirapihin ._. Kalau gini kan bingung orang-orang

      Saya udah jawab semua pertanyaan ini di artikel-artikel saya. List-nya bisa ditengok disini:
      http://rohaluss.blogspot.co.id/p/writing-tuts-and-tips-list.html

      Agama itu boleh asal enggak berniat menyebarkannya nak.

      Kalau soal perbedaan kayak gitu, pada dasarnya itu Dewa adalah pencipta, sementara malaikat itu bawahannya. Tapi terserah, bahkan kalau kamu mau bikin dunia penuh malaikat yang membasmi Dewa, itu juga gak salah. Fantasy memberimu kebebasan untuk menamai dunia dan jenis-jenis orang yang berkeliaran di dalamnya.

      Iya, sama-sama. Pertanyaan dan jawaban ini bakal dihapus di akhir bulan, biar rapih, okeh?

      Aku mau beres-beres blog dulu ^^

      Hapus
  6. Balasan
    1. Yang lain nanya, ini cuma bilang hemm doang :v

      Hapus
  7. Kak klo mau buat cerita fantasi
    ,tpi gk berlebihan gitu gimana?atau minimal ksh cobtohlah

    BalasHapus
  8. Artikel yang menarik.. Good deh pokoknya, jadi nambah wawasan untuk buat cerita dengan tema fantasy.

    BalasHapus
  9. Aku udah nulis cerita fantasi. Tapi pas di tengah-tengah otak ku ngeblank dan bingung mau lanjutin kayak mana. Gimana caranya kita memdapatkan kembali ide cerita kita? Aku sangat butuh inspirasi sekarang, apa aku harus baca tentang fantasi lagi?
    Mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta pendapat dari orang lain coba yang sebidang kaka

      Hapus
  10. Saya datang dari 2018 wkwk dan melihat ini sungguh imajinasi saya terpancar luas dan siap untuk menulis Makasih yg udah buat (y) I love this

    BalasHapus
  11. Lengkap dan sangat bermanfaat. Aku save ya?
    Semoga nanti aku bisa eksekusinya. Terima kasih banyak. ^_^

    BalasHapus
  12. Wihhhh, bermanfaat bgt. Makasih kak, ilmunya hhhee. Doain lancar crtaku.

    BalasHapus
  13. Maaf kak aku mau tanya, itu maksud sumber energi apa ya? Energi buat kehidupan sehari-hari semacam listrik atau energi buat mengeluarkan sihirnya, ya?

    Blognya berguna sekali kak, terima kasih!

    BalasHapus
  14. Terimakasih kakak sangat membantu saya lagi cari inspirasi buat nama2 kerajaan fantasi. Cuman agak sulit nyari nya baru nama dunianya doang

    BalasHapus
  15. makasih ya atas ide-idenya. soalnya juga saya tipe yang mudah dapat ide tapi susah untuk membuat seluk beluknya gt༎ຶ‿༎ຶ jadi saya terimakasih banget sama kamu!(✿^‿^) oiya imajinasi kmu luas banget!! sukak eheh

    BalasHapus
  16. Makasih tulisannya membantu banget, persis seperti gambaran saya, sy udah bikin sketsa ceritanya, makasih sekali lagi jd semangat

    BalasHapus
  17. Arigatou sangat bermanfaat :3

    BalasHapus
  18. Kak minta saran dong soal mempelajari ilmu sihir l, isi dari sihir dan bagaimana cara memperkuatnya

    BalasHapus
  19. Kak minta saran dong soal mempelajari ilmu sihir l, isi dari sihir dan bagaimana cara memperkuatnya

    BalasHapus
  20. salam hormat dari saya kak, terima kasih atas link world generatornya, sangat membantu saya menemukan latar tempat dan nama-nama pendukungnya.

    untuk penulis fiksi kadang ini yang menghambat penulisan cerita.

    salam hormat dari juniormu

    Val_X

    BalasHapus
  21. Saya salut dengan ide dari kakak!! Mulai dari konflik hingga latar kota dan negara sudah saya buat, tapi, elemen tentang agama dan tradisi saya belum terpikirkan, Arigatou sensei!! Kyaaaa.....
    Oh ya, sensei!! Kalau saya biasanya membuat nama kota atau negara saya memakai bahasa yang eksentrik seperti bahasa yahudi, contohnya : desa Aaron, desa Ikhsael, kota Amaela, kota Elisebath (Elizabeth), dsb. Oh ya, satu lagi. Saya memakai referensi dari nama dari suku-suku kuno yang ada di inggris seperti suku Anglo-Saxon yang memakai nama keluarganya yang berawalkan ‘Long-‘ ,contohnya : “Longsben”, “Longblack”, “Longstride”, dsb.
    Sekali lagi, ARIGATOU SENSEI!! HAHAHA....

    BalasHapus
  22. Terimakasih! Saya sangat terbantu!! 😊😊😊

    BalasHapus
  23. Terimakasiii, lagi butuh banget untuk pengembangan cerita fantasi ku!

    BalasHapus
  24. sssssangat membantu, aku terimakasih sekali kakak mau update tentang ini. semangat teruss

    BalasHapus
  25. Terimakasih banyak kak saya merasa sangat terbantu dengan artikel ini ^_^
    ~salam dari tahun 2021

    BalasHapus
  26. Artikel ini bnar2 membatu saya, ini yg sya cari. Terima kasih banyak

    BalasHapus
  27. Kak aku tu suka nulis tapi kadang sulit buat menjabari jadi kayak yang aku pikirin terus pas nanti baca ulang ceritanya jadi datar padahal pas masih bayangin seru... Gimana ya kak biar aku bisa nulis cerita sesuai sama yang aku pikirin???

    BalasHapus
  28. PERCAYA BAHWA APAPUN YANG KITA LAKUKAN JELEk TIDAKNYA AKAN TETAP DIRASAKAN DAN IMBASNYA DIMASA DEPAN? TIDAK ADA BUKTI YANG KUAT SELAIN PERCAKAPAN 2013 DIATAS DENGAN 2021 SEKARANG Sungguh perubahan jaman yang amat derastis.... maybe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...maaf saya baru kembali ngeblogging, but what

      Hapus
  29. Makasih banget kak, karena kakak saya jadi semangat mau bikinnya dan tidak terlalu over thinking untuk memikirkan semuanya yang ada didalam cerita jadi intinya terima kasih banyak kak love you

    BalasHapus
  30. Cuma mau nambahin biar tahunnya urut wkwkwk, btw kerenn ihhh ga kepikiran sampe sanaaa, repot juga ya ternyata nulis gendre fantasi wkwkwk

    BalasHapus
  31. membantu banget. terima kasih banyak, ya! T___T

    BalasHapus
  32. Terimakasih banyak kak sangat membantu^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer